Jumat, 25 Desember 2009

keDEWASAan

Sejujurnya saya pun sedikit ragu menulis ini, karena kedewasaan itu sesuatu yang begitu komplek. Saking kompleknya, sulit untuk menilai kedewasaan seseorang. Hingga tolak ukurpun sekan jadi sesuatu yang relatif untuk kasus yang satu ini.

Dewasa bukan hanya sekedar bisa menasehati. Karena sang penasehat pun terkadang sulit melakukan apa yang ia nasehatkan pada orang lain.
Dewasa juga bukan sekedar kuat dan tegar untuk tidak menitikkan air mata. Karena terkadang air mata diperlukan untuk memahami perasaan orang lain.
Dewasa bukan hanya soal mampu membimbing. Karena setiap saat kita pun butuh bimbingan dari YANG MAHA MENGETAHUI.
dan DEWASA tidak hanya tentang mengerti, karena apa iya kita mampu mengerti setiap keinginan seseorang.... iyha kan ???

Menurut gw, dewasa itu tentang situasi. Bukan sekedar bagaimana kita menyikapi sesuatu, tapi dimana kita harus menempatkan sesuatu pada tempatnya.
Seseorang akan bertambah dewasa ketika dia berhadapan dengan masalah hidup yang dia hadapi, orang-orang di sekitarnya yang akan mengasah karakternya, dan kegagalan yang pernah dia alami. Tiga hal tersebut adalah faktor pemicu yang utama, yang membuat seseorang bertambah dewasa.
Kita tidak akan bertambah dewasa jika kita terpuruk dalam kegagalan dan tidak bangkit dalam kegagalan tersebut serta berusaha mencoba lagi.

Pernahkah kita mensyukuri masalah-masalah yang menekan hidup kita? Atau pernahkah kita tetap tersenyum ketika kita harus berhadapan dengan orang-orang yang menyebalkan di sekitar kita? Atau pernahkah selama ini kita berhenti berpikir mengapa saya terus menerus gagal dan mulai berpikir bahwa tanpa sebuah kegagalan kita tak pernah bisa merasakan arti sebuah keberhasilan?

Bisa atau tidaknya kita melangkah dalam kedewasaan, memang tidak gampang,,, tapi bukankah semuanya setimpal dengan hasil yang akan kita petik nantinya.

Seperti yang telah dibahas, terkadang kita butuh masalah untuk menjadi dewasa. Tapi jika setiap masalah harus kita alami agar menjadi dewasa,,, mungkin sebelum kita menjadi dewasa kita bakal keburu ke alam lain deh,, berjuta masalah yang ada di dunia hingga kita tidak akan sanggup jika harus dengan satu persatu mengalaminya untuk menjadi dewasa....
Saat itulah peran orang - orang di sekitar kita diperlukan... Setiap masalah yang mereka alami, dapat menjadi pembelajaran untuk kita menjadi satu titik bernama kedewasaan.

Karena itu jalinlah hubungan yang baik dengan banyak orang, sehingga saat mereka berada dalam suatu masalah, kamu pun mendapatkan pembelajaran berharga dalam hidupmu.

jadi tidaklah salah jika DEWASA itu berarti mampu membahagiakan orang lain, karena dengan begitu berarti kamu telah berhasil membuatnya keluar dari masalah. Dan bukankah itu juga berarti, kamu pun telah belajar untuk bekal menyandang gelar " DEWASA "


hmmmm....

TUA itu PASTI, DEWASA belum tentu.... semua tergantung PILIHAN kita

lo sendiri......... ???



see you again





dr. SMiLE

0 komentar: